Google

Sunday, January 27, 2008

Cahaya elemen estetis dalam interior rumah.

Cahaya elemen estetis dalam interior rumah.

PERMAINAN CAHAYA


Femina-Online: Cahaya merupakan unsur yang tidak kalah penting dalam merancang interior rumah. Cahaya memberi pengaruh sangat luas dan mampu menimbulkan efek dan nuansa tertentu. Permainan cahaya juga dapat menjadi detail serta elemen estetis dalam interior rumah.

Pencahayaan terbagi menjadi dua macam. Pertama, cahaya alami (natural ligthing) yang berasal dari sinar matahari langsung. Cahaya ini biasanya masuk melalui jendela, bukaan atap/ vide, atau penggunaan genting kaca. Terang cahaya alami akan terus berganti karena kedudukan matahari yang terus bergeser.

Kedua, cahaya buatan (artificial lighting) yang sengaja dibuat dan berasal dari sinar lampu atau lilin. Sama halnya dengan cahaya alami, bias sinar buatan ini juga berfungsi ganda. Sebagai penerang ruangan sekaligus sebagai pencipta keindahan dan suasana tertentu bagi rumah.

Dari jatuhnya sinar, cahaya juga dibagi menjadi beberapa jenis. Pembagian ini merupakan teknik dasar untuk menciptakan nuansa dan efek yang berbeda pada rumah.

1. Pencahayaan langsung, yaitu jatuhnya sinar lampu pada ruang. Sistem ini adalah sistem yang paling umum. Saat ini, pencahayaaan langsung juga sudah berkembang, tidak hanya berasal dari atas ruangan, tetapi juga dari lantai. Lampu yang ditanam di dalam lantai (biasanya lantai kayu untuk memudahkan bongkar pasang lampu) dan mengarah ke atas menimbulkan kesan unik pada rumah.

2. Pencahayaan tidak langsung, yaitu jika sumber cahaya tidak terlihat atau disembunyikan dari pandangan mata seseorang. Sehingga, cahaya yang dirasakan adalah berupa pantulannya saja. Sistem ini banyak digunakan untuk drop ceiling atau untuk dinding sebagai aksentuasi. Adanya pantulan cahaya yang berpendar dari langit-langit atau dinding membuat ruangan terasa lebih mewah. Anda dapat menerapkannya pada ruang keluarga, ruang tamu, dan ruang tidur. Gunakan lampu berwarna kuning untuk menciptakan suasana hangat.

3. Pencahayaan setempat atau aksen adalah jatuhnya sinar lampu yang diarahkan pada objek tertentu. Sistem ini biasanya digunakan untuk menciptakan suasana dramatis pada rumah. Misalnya, penyinaran lampu sorot pada lukisan atau tangga, penggunaan lampu gantung di atas meja makan, penggunaan lampu duduk dan stand-ing lamp pada ruang tamu atau ruang keluarga.
Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

No comments:

Add to Technorati Favorites