Google

Friday, January 11, 2008

Kerai Kayu Digemari Pemilik Rumah Modern Minimalis

Kerai Kayu Digemari Pemilik Rumah Modern Minimalis

Jasa Arsitek Rumah Modern Minimalis

Pembuatan kerai kayu banyak memanfaatkan meranti. Kelebihannya, kayu ini tahan panas dehingga tidak mudah melengkung.


Jendela adalah salah satu elemen penting dalam sebuah rumah. Selain berfungsi sebagai jalan sirkulasi udara dan masuknya sinar matahari, jendela juga mendatangkan keindahan, terutama jika didesain dengan bagus dan menarik.

Fungsi jendela menjadi optimal bila arus udara masuk dan keluar dari rumah berlangsung dengan baik. Dan, sinar matahari pun diperlukan sebagai pencahayaan dan agar rumah tidak lembab serta demi kesehatan para penghuninya,

Namun, bisa jadi sinar matahari yang masuk berlebihan sehingga menyebabkan barang-barang, terutama furnitur dari kayu, dalam ruangan berjendela, pudar. Untuk itu perlu penutup jendela.

Ada beberapa jenis penutup jendela. Tapi, pada prinsipnya ada tiga jenis penutup jendela yaitu kerai (blind), tirai (curtain), dan vitrase (sheers).

Kerai terbuat dari kayu dan kain. Kerai yang terbuat dari kayu menciptakan suasana etnik pada interior rumah. Yang biasa dimanfaatkan sebagai kerai adalah kayu meranti.

Kerai kayu meranti bisa menahan sinar matahari yang terlalu terik atau udara yang terlalu dingin. Dengan demikian, perabotan atau furnitur dalam rumah bisa terlindungi dari kerusakan.

Sedangkan kerai dari kain biasanya terbuat dari jenis kain tebal. Misalnya kain belacu, tenun, atau kain katun. Umumnya kerai ini, yang juga dikenal sebagai Roman Blind, dibuka atau ditutup dengan cara menggulung kain ke atas.

Setiap lembar penutup jendela model ini terbagi menjadi beberapa bagian yang berfungsi sebagai lipatan. Untuk memberi bentuk yang indah, pada lipatan-lipatan tadi diisi dengan batangan kayu atau besi. Penutup jendela ini pas untuk rumah dengan desain klasik maupun modern.

Kerai yang sekarang banyak berkembang terbuat dari kayu (wood blind). Perkembangan ini terjadi seiring selera dan selera masyarakat pada rumah modern minimalis.

Salah satu produsen kerai dari kayu meranti adalah PT Artistic Inovasi Jakarta. Dewi, dari perusahaan tersebut mengungkapkan, kayu meranti merupakan jenis kayu yang banyak digunakan untuk pembuatan kerai. Kelebihan katu ini dibanding jenis kayu lain adalah tahan panas. ''Sehingga tidak mudah melengkung,'' ungkapnya.''

Tidak mudah melengkung tidak berarti tidak bisa melengkung. ''Namun, butuh waktu lama bagi kayu meranti untuk melengkung. Karena itu, kayu jenis ini banyak digunakan sebagai kerai,'' lanjut Dewi.

Harga kerai dari kayu meranti ditawarkan oleh perusahaan tersebut secara bervariasi. Yang berukuran 2,5 cm dijual Rp 280 ribu per meter persegi. Sedangkan yang berukuran 5 cm harganya Rp 390 ribu per meter persegi.

Produsen wood blind lainnya adalah PT Indah Jaya Perkasa yang produksinya bermerek Sintaiyo. Desain yang dikembangkan modern minimalis. Karena itu, wood blind biasanya digunakan untuk perumahan yang bercorak modern minimalis maupun ruang perkantoran.

Ada dua ukuran, 25 mm dan 50 mm. Untuk yang berukuran 25 milimeter, harga yang ditawarkan Rp 350 ribu per meter persegi. Sedangkan yang berukuran 50 milimeter dijual seharga Rp 450 ribu per meter persegi.

Tidak panas
Sugiyanto dari Kiawood Blinds mengungkapkan, wood blind kini lebih banyak digunakan oleh konsumen daripada yang terbuat dari kain.

Penutup jendela model ini memiliki kelebihan tersendiri. ''Wood blind tidak panas. Kalau digunakan untuk rumah yang menghadap barat atau timur, maka hawa panasnya tidak bisa masuk ke dalam rumah. Jadi, udara di dalam rumah tetap sejuk,'' katanya. Kelebihan lainnya, wood blind tahan terhadap rayap karena sebelum digunakan kayu dioven terlebih dahulu.

Sugiyanto mengatakan, kalau di luar negeri wood blind lazim digunakan sejak 20 tahun lalu, di Indonesia baru sekitar 10 tahun silam. Namun baru benar-benar digunakan dan ngetren dua hingga tiga tahun terakhir,'' tuturnya.

Perawatan wood blind tidak rumit. Untuk menghilangkan debu kerai kayu ini dibersihkan dengan kemoceng. Berapa kali frekwensi membersihkan kerai kayu ini tergantung kondisi rumah. Kalau memang kotor sebaiknya dibersihkan setiap hari.

Jasa Arsitek Rumah Modern Minimalis

(jar )

Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

1 comment:

renovasi rumah said...

saya suka sekali pemakaian material kayu di rumah saya...unik dan cantik