Google

Friday, January 11, 2008

Merawat Lantai Kayu

Merawat Lantai Kayu

Jasa Gambar Rumah


Selain dari keramik dan ubin (tegel), lantai pun bisa terbuat dari kayu. Pemakaian salah satu dari tiga bahan itu tergantung pada selera dan kemampuan keuangan Anda. Baik tegel, keramik, maupun kayu memiliki karakter dan nilai keindahan tersendiri. Yang jelas, terbuat dari apapun lantai rumah kita, bahan lantai tersebut harus dirawat dan dipelihara dengan baik.

Untuk lantai yang terbuat dari kayu perawatan yang dilakukan perlu lebih berhati-hati. Jika tidak, maka keindahan lantai kayu bisa terganggu akibat terkena goresan saat membersihkan, atau sebab lain. Merawat lantai yang terbuat dari kayu memang agak lebih rumit jika dibandingkan merawat lantai dari tegel atau keramik. Untuk merawat lantai yang terbuat dari kayu ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai berikut :

1. Untuk membersihkan lantai kayu, gunakan sapu yang lembut berbahan bulu, atau kemucing. Ini agar permukaan kayu tidak tergores saat dibersihkan. Selain itu, bersihkan lantai dengan menggunakan vacuum cleaner sebanyak satu, atau dua kali dalam seminggu. 2. Untuk menjaga keawetan lantai kayu, hindarkan dari air. Sebab, air dapat merusak lantai kayu. Jika suatu ketika lantai kayu tersiram air, bersihkan dengan menggunakan handuk yang lembut kemudian dikeringkan seluruhnya. Ketika membersihkan, gunakan lap yang sangat kering karena air dari lap yang basah masih dapat merembes ke dalam pori-pori lantai kayu.

3. Untuk menutup lantai kayu, Anda bisa menggunakan karpet, terutama pada areal yang sering dilalui atau terinjak kaki. Untuk menjaga agar lantai kayu tidak rusak, pilihlah karpet dengan lapisan yang tidak licin sehingga tidak mudah tergeser. Yang penting, karpet perlu dibersihkan secara teratur dari debu dengan menggunakan vacuum cleaner. Jika tidak, maka debu-debu yang menempel pada karpet bisa turun melalui serat-serat karpet dan mengotori lantai kayu.

4. Untuk mengurangi munculnya kotoran pada lantai kayu, taruhlah keset pada semua akses keluar-masuk ruangan. Ini penting untuk menghindari kotoran yang mungkin dibawa oleh sepatu atau sandal ketika memasuki ruangan yang lantainya terbuat dari kayu.

5. Untuk menambah keindahan lantai kayu Anda, poles dengan menggunakan lemon oil sebulan sekali. Ada banyak lemon oil yang dijual di pasaran namun pilihlah lemon oil yang aman bagi kesehatan sehingga tidak mengganggu seisi penghuni rumah. Selain itu, lantai kayu juga bisa dipoles dengan menggunakan wax/polish kayu setahun sekali

Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872


Jasa Gambar Rumah
Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

1 comment:

renovasi rumah said...

perlu bgt niy tipsnya buat rumah kayu saya