Google

Tuesday, February 12, 2008

Nuansa Hijau di Apartemen

Nuansa Hijau di Apartemen





Tak lengkap rasanya jika memiliki hunian tanpa kehadiran tanaman sebagai penghias ruang, demikian pula jika kita tinggal di sebuah apartemen. Dengan keterbatasan lahan serta kondisi fisik ruang yang relatif berbeda dari hunian lain pada umumnya, tidak berarti kita tidak bisa menikmati keindahan yang hidup di sekeli-ling kita.

SESUAI POSISI MATAHARI
Beberapa jenis tanaman bisa tetap tumbuh indah dan sehat di dalam ruangan yang minim cahaya, udara segar, bahkan pada kelembapan yang relatif kurang. Ada juga beberapa jenis tanaman yang lebih suka bila diletakkan di bawah cahaya dan udara yang berlimpah, tapi jika dibawa ke dalam ruangan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

Meskipun begitu, untuk mampu mengadaptasikan dirinya dalam lingkungan baru, tetap harus dibantu dengan menyiapkan sarana yang tepat untuk tanaman ini. Mulai dari media, air, zat makanan, cahaya, temperatur, kelembapan, hingga udara segar.

Di bulan Maret hingga Oktober, ruangan yang mendapat cahaya lebih banyak adalah yang berjendela di bagian utara sehingga di bagian ini cocok untuk diletakkan jenis tanaman yang suka cahaya, seperti cyperus (rumput payung), chlorophytum (lili paris), cordyline (andong), atau chrysalidocarpus (palem kuning).

Sebaliknya, untuk ruangan yang memiliki bukaan di bagian selatan adalah tempat paling tepat untuk tanaman yang cocok berada di lokasi teduh, seperti adiantum (chevelure), episcia (cinta abadi), dan aglaonema (sri rejeki).
Pada bulan Oktober hingga Maret, ruangan yang berjendela di bagian utara hanya mendapat sedikit cahaya sehingga tanaman yang tepat adalah jenis tanaman yang suka keteduhan, sedangkan ruang yang menghadap selatan di bulan-bulan ini berganti mendapat cahaya yang cukup banyak, sehingga baik untuk jenis-jenis tanaman yang suka cahaya.

Ruang dengan bukaan di bagian barat dan timur lebih beruntung. Sepanjang tahun, ruang di bagian timur mendapat cahaya penuh beberapa jam dari matahari pagi, dan ruang yang terbuka di bagian barat mendapat matahari sore, sehingga cocok untuk meletakkan jenis-jenis yang suka cahaya semi- langsung, seperti hemigraphis (sambang darah) dan begonia.

arsitek interior rumah

No comments:

Add to Technorati Favorites